Posted by: YaBISA | February 18, 2010

Pemberdayaan Staf


Percayalah bahwa anda bisa mengarahkan staf atau bawahan anda untuk bekerja dengan lebih baik. Boleh jadi bekerja secara lebih istimewa dimata anda karena berbagai kelebihan yang dimiliki anda. Hal ini tentunya tidak mustahil terjadi kalau anda memperlakukan mereka sebagai mitra dan memberi mereka kewenangan dan apresiasi yang cukup untuk melakukan sendiri pekerjaan yang dipercayakan kepadanya. Meski demikian tetap perlu kontrol untuk memantau proses peningkatan kemampuan staf anda demi perbaikan, peningkatan atau kemajuan kinerja kerja. Beberapa hal mendasar yang perlu anda perhatikan dalam pemberdayaan staf anda adalah:

  1. Sebagai atasan, anda tidak perlu memonopoli kebenaran dan kebijakan. Sebab kebenaran dan kebijakan itu bisa berada di mana-mana, termasuk dalam diri staf anda. Anda perlu menerima kenyataan akan kemungkinan bisa berbuat salah. Dengan demikian anda terbuka belajar dari lingkungan sekitar, terutama dari mereka yang mengoperasikan sehari-hari konsep dan manajemen yang telah anda buat.
  2. Cobalah memfokuskan diri anda pada proses yang sedang dijalankan staf anda termasuk out put yang mereka hasilkan. Berikan apresiasi terhadap berbagai perubahan, perkembangan, perbaikan, kemajuan dan keberhasilan yang mereka capai.
  3. Berikan kesempatan kepada staf anda untuk berekspresi sesuai dengan gaya dan cara mereka sendiri untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  4. Berikan dorongan dan motivasi kepada staf anda supaya memikul tanggung jawab atas keputusan-keputusan yang mereka buat dengan memberi mereka kesempatan untuk memperbaiki diri dan belajar dari kelemahan serta kesalahan sendiri. Latilah staf anda secara terus menerus karena hal ini akan meningkatkan hasil kerja dan rasah percaya diri.
  5. Anda perlu menetapkan batas-batas yang jelas bagi staf anda. Persiapkan diri untuk memperluas batas-batas tersebut seiring.dengan kemajuan prestasi kerja dan  rasa percaya diri staf anda.
  6. Selalu  mengevaluasi sistem manajemen yang anda buat dan terapkan. Dengan demikian anda dapat mengetahui sistem tersebut mendukung atau merusak kondisi atau lingkungan kerja.
  7. Pupuklah hubungan peribadi atas dasar saling hormat dan percaya. Perlakukan staf anda sebagaimana anda ingin diperlakukan.
  8. Terus melakukan komunikasi. Dukungan komunikasi yang baik akan membantu mengatasi kesenjangan dan rasa curiga dalam dari staf anda yang sedang berupaya  memanfaatkan peluang yang anda berikan dan mencapai tujuan yang anda tetapkan (Dari berbagai sumber).

Responses

  1. Hal ini betul adanya! kalau pengalaman saya, semakin ditindas staff itu, semakin dia menunjukkan kehebatanya. akan tetapi tidak semua staff mempunyai kepribadian seperti itu.
    okey good luck!

  2. Setuju Pak Amin!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: